Jakarta, 21 November 2024 – PT Hasnur Internasional Shipping Tbk (HIS) secara resmi memulai (go live) implementasi enterprise analytic platform berbasis Microstrategy. Hal tersebut ditandai dengan Go Live Ceremony yang diselenggarakan oleh HIT Digital Indonesia (HDI) pada acara Technology Day, Kamis 21 November 2024 di Jakarta.
Proyek yang didukung oleh HIT Digital Indonesia (HDI) sebagai mitra strategis ini merupakan bagian dari langkah strategis HIS dalam transformasi digital, dengan memanfaatkan teknologi terkini untuk mendukung pengambilan keputusan yang lebih cepat, akurat, dan berbasis data valid.
Go Live ceremony ini menandai pencapaian penting bagi HIS dalam pengembangan teknologi perusahaan. Acara ini dihadiri oleh jajaran komisaris, direksi, dan manajemen Hasnur Group, serta ditutup dengan pemberian plakat dari HDI kepada HIS sebagai simbol apresiasi atas kolaborasi yang sukses.
Direktur HCGS & Business Development PT Hasnur Internasional Shipping Tbk Rahmad Pudjotomo mengatakan, “Transformasi digital bukan lagi pilihan, melainkan kebutuhan strategis untuk memastikan daya saing perusahaan di era digitalisasi ini. Penerapan platform analitik seperti Microstrategy adalah salah satu langkah penting untuk mencapai tujuan tersebut. Dengan pengelolaan data berbasis sistem terintergrasi, kami dapat memanfaatkan teknologi ini untuk memperkuat strategi bisnis kami dan mendukung pengambilan keputusan yang lebih cerdas dan responsif”.
Mewujudkan Strategi Data-Driven di HIS
Enterprise Analytic Platform berbasis Microstrategy ini memungkinkan HIS untuk mengintegrasikan berbagai sumber data, seperti Tableau, Qlik, Power BI, hingga SAP dan Office 365, untuk menghasilkan laporan yang lebih terarah dan mudah diakses. Dengan fitur Self-Service Analytics, pengguna di HIS dapat membuat analisis data hanya dengan drag-and-drop secara real time.
Platform ini telah mulai diimplementasikan di area keuangan, operasional, dan marketing, yang memungkinkan HIS untuk memperoleh insight berbasis data real-time, mengoptimalkan efisiensi operasional, mempercepat proses pengambilan keputusan berbasis data valid.
Transformasi digital HIS ini sejalan dengan visi perusahaan untuk menjadi pemimpin dalam industri jasa transportasi dan logistik yang data-driven. Dengan mengelola data historis sebagai panduan, HIS dapat memetakan strategi bisnis berkelanjutan yang lebih inovatif dan tangguh menghadapi tantangan masa depan. HIS percaya bahwa data bukan hanya alat analisis, melainkan juga kunci untuk membuka potensi baru dalam operasional dan pelayanan pelanggan, serta digitalisasi yang dilakukan dapat menciptakan nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan.
***