Banjarmasin, 4 April 2024 – PT Hasnur Internasional Shipping Tbk (HIS) konsisten menerapkan continuous improvement melalui penyelenggaraan Quality Control Circle (QCC) pada tahun 2024 ini. HIS sendiri telah menyelenggarakan QCC sejak tahun 2022. Tahun 2024 merupakan tahun ketiga HIS menyelenggarakan QCC ditambah penyelenggaraan Quality Control Project (QCP) dan Suggestion System (SS) di mana tahun sebelumnya belum pernah diselenggarakan.
QCC sendiri merupakan sebuah langkah strategis yang diperlukan perusahaan untuk melakukan quality improvement secara berkala melalui kelompok-kelompok kecil dalam organisasi internal. QCC diperlukan perusahaan sebagai salah satu strategi untuk melakukan pengendalian kualitas secara efektif dan efisien. Hal ini menjadi makin dibutuhkan di tengah kondisi yang mendorong perusahaan untuk melakukan cost reduction dengan cermat sehingga dapat bertahan dan berkembang dengan strategis.
Pada tahun 2024 ini, HIS telah memulai rangkaian kegiatan QCC-QCP-SS dengan melakukan Kick-Off QCC 2024 pada 21 Februari 2024. Kemudian dilanjutkan dengan penyelenggaraan kegiatan Refresh Training Continuous Improvement Facilitator and Leader Batch 1 pada 3-4 April 2024 di Swiss-Bel Hotel Banjarmasin. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memberikan penyegaran pengetahuan mengenai continuous improvement dan quality control circle (QCC) bagi para karyawan HIS di Banjarmasin yang akan menjadi fasilitator dan leader pada QCC HIS tahun 2024.
“Kegiatan QCC bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM, baik kelompok maupun individu, dan untuk membangun budaya continuous improvement, bukan hanya untuk meningkatkan kinerja perusahaan tapi juga pengembangan individu karyawan,” ujar Direktur Human Capital and Business Development PT Hasnur Internasional Shipping Tbk Rahmad Pudjotomo yang hadir pada refreshment training tersebut.
Dalam menyelenggarakan training ini HIS bekerja sama dengan PT Solusi Insipirasi Mandhiri dengan menghadirkan dua narasumber untuk memberikan materi pada dua hari pelatihan tersebut, yaitu Dr. Supardi, ST., MM., CPHCM dan Arif Nuryono ST., MT. Narasumber memberikan materi tentang landasan filosofi QCC, konsep “Plan-Do-Check-Action”, 8 langkah improvement, dan 7 quality control tools yang dapat digunakan untuk menjaga standar yang telah ditetapkan dan mendukung continuous improvement.
Adapun penyelenggaraan refreshment training batch 2 bagi fasilitator dan leader QCC kantor Jakarta akan diselengarakan pada akhir April 2024. Setelah itu akan dilakukan proses pembuatan makalah hingga awal September 2024 yang kemudian dilanjutkan dengan proses seleksi tim (prakonvensi). Sementara itu, Konvensi QCC 2024 HIS akan diselengarakan pada 14 September 2024. (DR)
***